Resep Pepes Bandeng Presto

March 27, 2011 athayaonline

Dulu, ibu ku sering bikin pepes ikan, tapi karena keluargaku kurang suka aroma amis dari ikan segar yang langsung dipepes, jadi ikan yang sering dipakai adalah pindang peda ( ikan peda yang sudah dikukus terlebih dahulu ) dan bandeng presto. Asal tau saja rasanya wihhhhh….. enak banget, bikin stok nasi cepet habis biarpun nggak ada lauk lainya. Yang bikin istimewa, pepes buatan ibu bisa bertahan sampe 2 hari biarpun nggak pake diangetin. Kalau kadang pepes yang ada di pasar sering kali memakai kelapa muda sepeti makanan botok sebagai pengganjal biar pepesnya tampak besar, ibu nggak, jadi mungkin tu yang bikin pepesnya tahan lama, karena kandungan air nya nggak banyak seperti kalu memakai kelapa muda parut.

Kalau pepes ikan biasanya bikin kita repot waktu makan, karena mesti menyingkirkan durinya, pepes ikan bandeng presto bikin kita enjoy buat menikmati suap demi suapnya. Nah… buat temen-temen yang mau coba, ini aku bagi resepnya. Agak sedikit repot memang, tapi dijamin puas kalo udah jadi….

Pepes Bandeng Presto

Bahan :

  • Bandeng presto yang belum digoreng
  • Daun Pisang batu/kepok (soalnya kalau jenis daun pisang yang lain kadang akan terlalu kaku dan nggak cocok buat bungkus makanan yang mesti ikut direbus juga, karena jenis daun pisang lain ada yang dapat menimbulkan rasa pahit dan kurang nikmat pada makanan yang dibungkus )
  • Lidi yang tajem ( kalau pake straples takut masuk dalam makanan waktu membukanya….yah… lihat dari segi keamanan, lagian biar lebih tradisional. Tapi kalau yang kesulitan cari lidi pake straples nggak apalah, asal hati-hati….)
  • Daun kemangi yang sudah disiangi ( buat yang nggak suka bisa diganti dengan daun singkong rebus yang diiris halus )
  • Tomat dibagi 4 bagian lalu dipotong-potong sedang ( gunakan secukupnya )
  • Daun Salam ( kalau bisa yang masih segar/ hijau )
  • Gula Jawa/ Gula merah
  • Garam
  • Penyedap

Bumbu yang dihaluskan ( tanpa tambahan air, jadi akan jauh lebih baik kalau dihaluskan dengan cara tradisional ) :

  • Bawang merah
  • Bawang Putih
  • Kunyit
  • Jahe
  • Laos/ Lengkuas muda
  • Cabe keriting
  • Cabe rawit merah (  sesuai selera kalau suka pedas )
  • Batang serai muda
  • Daun jeruk purut
  • Kemiri ( mendominasi/agak banyak sampai bumbu halus kental dan bumbu berwarna agak keputihan )

Cara Membuat :

  1. Campur bumbu halus + garam + gula jawa yang sudah disisir + penyedap + tomat, aduk rata
  2. Masukan daun kemangi yang sudah disiangi / daun singkong rebus yang diiris halus, aduk rata. ( sampai di sini bisa di cicipi dulu apakah rasanya sudah pas atau kurang )
  3. Siapkan daun pisang pembungkus, susun selembar daun salam kemudian beri adonan bumbu, lalu bandeng presto, kemudian tutupi bandeng presto dengan lapisan adonan bumbu lagi, bungkus, kemudian kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 1/2 jam sampai 1 jam
  4. setelah dingin, bakar pepes beserta pembungkusnya d atas api yang d alasi wajan hingga daun agak terbakar/ pepes tidak berbunyi ( menandakan bahwa kandungan air tinggal sedikit, atau bisa juga di panggang dalam oven. ( tapi biasanya pembakaran akan lebih baik dari pada menggunakan oven, karena kita bisa melakukannya sambil menekan-nekan pepes dan membolak-baliknya sehingga bisa lebih cepat tanak, sedangkan jika menggunakan oven biasanya akan lebih lama, tapi tidak perlu membolak balik. Hasil masakan dengan menggunakan pembakaran akan menghasilkan aroma khas yang lebih terasa dibandingkan dengan menggunakan oven.)

SELAMAT MENCOBA……..!!!!!!

SEMOGA SUKSES……….!!!!!

SEMOGA KALIAN MENYUKAINYA……..!!!!!!

Entry Filed under: Resep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

March 2011
M T W T F S S
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: